Saturday, April 14, 2018

Kenalan dengan Angka 1-5 Yuk, Khalil


Nah beberapa waktu lalu saya coba stimulus Khalil langsung dengan bentuk angka, tapi baru 1-5, walau kadang kita suka bermain berhitung dengan menggunakan anggota tubuh, yang paling sering memakai jari.

Alhamdulillah bisa menghapalkan 1-10 tapi sekadar hafal, belum sampai mengerti konsep wkwkw. Maka ketika mengenalkan angka pakai kertas yang bertuliskan angka, ketika diperlihatkan angkanya ia tahu lalu pas saat didampingkan bersama benda, masih kacau hihi.

Menghitung Jeruk

Saat kegiatan ini aku lupa memfotonya, jadiku narasikan saja ya. Nah aku menuliskan angka 1-3 pada selembar kertas dan tak lupa menuliskan hurufnya, S A T U...dst. Lalu aku membawa jeruk.

Ketika aku kenalkan angka satu, kemudian aku meletakkan satu jeruk disamping kertas bertuliskan angka 1, begitu seterusnya.

Nah tiba saatnya random, ternyata Khalil tetep belum kenal konsep, ini pe er aku banget nih, meskipun begitu aku gak mau terlalu keras memaksannnya, tapi dengan konsistensi semoga Khalil semakin dekat dengan konsep angka ya.

Menonton Video Angka

Khalil suka banget nonton, untuk itu aku harus lebih selektif dan terus mendampinginya saat menonton. Sehingga kalau menonton pun harus tontonan yang interaktif. Ada banyak metode mengenalkan angka di Youtube, dan satu video menarik dari Yufid Kids.

Mengenalkan angka 5 dengan menghitung binatang di laut. Boleh nonton asal gak pakai bengong, tapi ikut bersuara atau bergerak.

Metode Bercerita Pakai Media Wayang

Next aku mau eksekusi ide yang ini, jadi aku cari printable angka, kemudian di print dan ditempel di karton lalu ditempelin sumpit deh, terus aku buat panggung ala-ala untuk memperkenalkan setiap bentuk angka. Hehe

Semangat, Semoga berhasil!

No comments:

Post a Comment

Tip Keren Agar Ibu Santai Bicara Menstruasi Pada Anak

Assalamualaykum Bunda,  Menstruasi pada anak perempuan adalah hal normal namun zaman saya dulu sungguh hal ini masih tabu, gak banyak orangt...