Saturday, April 14, 2018

Ternyata Matematika Logis Bukan Melulu Urusan Angka



Assalamualaykum, balik lagi di blog Bunda Khalil, masyaAllah dah lama gak mampir disini hehe.

Pada game level 6 Bunda Sayang, para Ibu Profesional dapat tantangan menstimulus matematika logis pada anaknya selama 10 hari.

Well, untuk postingan pertama, aku ceritain dulu apa itu matematika logis, kenapa aku ceritain dulu? Karena biar aku aja yang tahu, tapi para bunda yang baca blog aku juga ikutan tau yuk, terus biar Bunda Khalil ini gak lupa hehe dan mematahkan pola pikir bahwa menstimulus anak untuk paham matematika gak melulu soal angka loh.

Kadang kita suka bingung ngajarin matematika untuk anak dibawah 5 tahun, paling banter ngenalin angka, balik balik memperkenalkan angka, padahal math is around us, dan buanyaaaak ide bermain yang erat kaitaannya merangsang matematika logis anak kita loh.

Jadi ada dua jenis kecerdasan yang jadi pemicu munculnya kecerdasan-kecerdasan lain pada anak yakni kecerdasan bahasa dan kecerdasan matematika logis. Hanya saja orangtua sering terburu-buru memperkenalkan dua kecerdasan ini, padahal tidak bisa instan. Bisa jadi anak BISA tapi TIDAK SUKA! Nah loh, disini tantangannya!  Bagaimana membuat anak BISA dan dia SUKA!

Kemampuan Matematika Logis Itu Apa?

Menurut Howard Gardner, kecerdasan matematika logis merupakan kemampuan penalaran ilmiah, perhitungan secara matematis, berpikir logis, ketajaman pola-pola abstrak, serta hubungan-hubungan.

Bahkan matematika logis diartikan sebagai kemampuan menyelesaikan masalah berkaitan dengan kebutuhan matematikanya sebagai solusi.

Nah kecerdasan matematika logis dapat tersampaikan dalam bentuk bahasa, disinilah kaitannya dengan kecerdasan bahasa.

Apa Saja Ciri Anak dengan Kecerdasan Matematika Logis?

Anak dengan kecerdasan matematika logis suka bereksplorasi, mengamati benda yang unik baginya, hobi mengutak atik benda dan melakukan uji coba, suka bertanya tentang suatu hal yang menuntut penjelasan logis serta suka mengelompokkan benda berdasarkan ukuran, jenis, gambar. Oiya yang paling jelas sekali adalah suka berhitung.

See?  Matematika logis itu keseharian anak kita banget ya Mak,bukan langsung ujug-ujug diajarin berhitung dan membaca, huhu, tapi kenalkan dengan tahapan dari konsep matematika logis tersebut sehingga anak punya dasar matematika logis. Kadang anak paham angka tapi tak paham konsep.

Yuk Tanamkan Konsep Matematika Logis Si Kecil Sejak Dini dengan Cara Berikut Ini

Bermain Pasir
Dari kegiatan ini anak belajar menakar dan menuang pasir

Bermain di Dapur
Banyak pembelajaran yang bisa dibuat di dapur, tapi biasanya Emak Emak ini lebih memilih anaknya tidak bermain di dapur hihi karena masaknya jadi gak siap-siap ya Sis, wkwkw. Itu yang aku rasakan dulu, sekarang justru ada banyak cerita lahir dari dapur.

Di dapur anak bisa dikenalkan konsep mengelompokkan peralatan makan, mengelompokkan sayur berdasarkan warna. Mengenal bentuk geometri dari potongan sayur, atau buat kue bersama ( menimbang bahan kue, menghitung waktu masak, dll). Bahkan saat di meja makan, anak bisa belajar.

Dan banyak lagi kegiatan, ntar aku ceritakan saat mendampingi Khalil belajar hehe.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Tip Keren Agar Ibu Santai Bicara Menstruasi Pada Anak

Assalamualaykum Bunda,  Menstruasi pada anak perempuan adalah hal normal namun zaman saya dulu sungguh hal ini masih tabu, gak banyak orangt...