Saturday, June 2, 2018

Ketika Khalil Lebih Memilih Melewati Masa Merangkaknya

Assalamualaykum Ayah Bunda,

Kali bosannya ya dengan beberapa postinganku yang kalau membacanya mungkin merasa kayak aku tabokin gitu ya, tapi sejujurnya pun aku babak belur baca buku The Enlightening Parenting ini HUWAAAA T_T

Bhaiquelah,

Aku mau cerita bagaimana ilmu dan pemahaman aku tentang anak adalah bintang, diuji oleh Allah. Inget banget waktu momen Khalil masuk tahap perkembangan merangkak.



Beberapa stimulus aku lakukan, mulai dari telungkup. Khalil paling kesal kalau diajak latihan telungkup, apalagi kalau emak bapake yang mau alias agak maksa, tapi kalau gak dilihat atau diperhatiin malah bakal menelungkup sendiri.

Okelah pelajaran telungkup tampak seperti sudah bisa, seiring berjalannya waktu, sudah saatnya merangkak nih. Lah setelah diamati anaknya malah lebih nyaman ngesot.

Kalau aku mikir flashback nya, bayi yang kebanyakan digendong berpotensi malas merangkak, kayak Khalil nih, apalagi neneknya amat protektif banget, emak ya mau gimana lagi, hiks ntar anak kedua gak boleh pasrah gini lah haha.

Setelah hampir stres ngadepin bayi yang gak mau merangkak. Alhamdulillah dapat undangan menghadiri seminar tentang tumbuh kembang dan stimulasi.

Dan ternyata bukan malah menenangkan hatiku malah makin horor T_T anak yang melewati masa merangkak akan mengalami gangguan tumbuh kembang yang lain salahsatunya tulisan tangan jadi jelek, lalu apalagi ya aku lupa haha.

Akhirnya aku berkesimpulan, oke setiap anak berbeda, tentu stimulasi juga berbeda. Nah anakku berarti gak mau merangkak untuk saat ini, maka hal terbaik yang bisa aku lakukan saat ini adalah fokus untuk melatih kemampuan ngesotnya jadi lebih baik.

Alhamdulillah berdamai dengan cara seperti itu jauh lebih menyehatkan jiwa dan raga, anakku pun dalam kondisi bahagia juga sehingga dia juga lebih cepat ahli ngesotnya dan 14 bulan, finally bisa berjalan.

Sekarang, setelah masa bisa berjalan terlewati, perlahan aku kenalkan lagi kemampuan merangkak, lanjut ke kemampuan melompat dan masih banyak pe er yang berkaitan dengan melatih motorik kasar Khalil.

^^



No comments:

Post a Comment

Tip Keren Agar Ibu Santai Bicara Menstruasi Pada Anak

Assalamualaykum Bunda,  Menstruasi pada anak perempuan adalah hal normal namun zaman saya dulu sungguh hal ini masih tabu, gak banyak orangt...