Saturday, July 14, 2018

Drama Ketika Membawa Khalil Ke Supermarket

Assalamualaykum Ayah Bunda,


Siapa yang lemes kalau tiba waktunya belanja bulanan?

Akuuu, haha, selain lemes karena beberapa barang ada yang naik harganya, disaat yang sama anak malah ikutan belanja seperti belanja mainan yang hanya bertahan sehari atau kadang terpaksa mengikuti keinginannya untuk bermain di zona permainan yang ada di supermarket, makin koyak kantong mamak.

Beberapa bulan terakhir aku berpikir keras bagaimana agar tiap kali terpaksa harus ke supermarket membawa anak tanpa drama.

Kata Emak Safithri, ketika berbelanja buat kesepakatan atau bersikaplah tegas, kalau tidak boleh beli mainan, ya tidak boleh.

Baiklah, kuncinya adalah KETEGASAN!

Setelah dicoba, ternyata aku menemukan kuncinya. Solusi ini bisa jadi cocok disemua anak, bisa jadi hanya cocok dianakku, haha. Sekali lagi pengasuhan adalah seni, seni menghadapi anak sendiri.

Khalil ketika diajak ke supermarket atau paling gak ke minimarket, pasti cari rak mainan, pasti itu! Dan yang ada dirak mainan itu bukan mainan murahan, tapi sebangsa hot wheel, yang mobil mainan seimut itu harganya 50K, kalau tiap kali ke minimarket beli hot wheel, pengsan dompat mamak.

Akhirnya dapatlah solusi, setiap ke minimarket, boleh beli sesuatu asal tidak mainan dan itu hanya satu ya hanya satu.

Kenapa tidak boleh beli mainan? Karena mainan sudah terlalu banyak di rumah, mubazir! Lagian dari bahan dan benda sehari-hari bisa jadi alat bermain. *emak pelit dan hemat, beda tipis lah haha

Jika tujuan pertama ke  minimarket adalah beli es krim, berarti hanya es krim.

Aku sering bilang begini ke Khalil jika dia begitu bingung melihat banyak benda di minimarket seperti dua hari lalu beli es krim dan dia melihat stiker, rasanya mungkin dia ingin memborong semua yang ada disana, tapi aku bilang begini,

" Khalil beli es krim atau stiker? pilih satu!"

Dan dia pun memilih es krim.

Ketegasanku ini efek dari ketegasan di rumah. Aku cukup tegas urusan nonton TV. Semua orang rumah longgar sekali terhadap ketentuan nonton TV, kalau aku tidak. Jika pagi hari over nonton gegara aku sibuk kegiatan domestik,  maka tidak ada jatah nonton di siang atau pun malam hari.

Jika orang rumah mengizinkan nonton Spongebob, di aku tidak berlaku, akan aku putar Timmy Show The Sheep.

Khalil : (merengek) 'Owee tidak mau nonton Timmy, mau Spongebob'!

Bunda : 'Oke Khalil, Bunda hanya bisa putar Timmy, atau Khalil tidak nonton sama sekali'

Khalil : 'Nonton Timmy ajalah!'

Ternyata ampuhnya ketegasan di minimarket adalah efek konsisten tegas di rumah. MasyaAllah!

Sekilas kita bakalan luluh dengan tangisan dan air matanya, tapi itu semua hanya sebentar, lama-lama anak juga akan tenang, karena Ayah Bunda tahu yang terbaik buat anaknya!

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Tip Keren Agar Ibu Santai Bicara Menstruasi Pada Anak

Assalamualaykum Bunda,  Menstruasi pada anak perempuan adalah hal normal namun zaman saya dulu sungguh hal ini masih tabu, gak banyak orangt...