Sunday, September 9, 2018

Dulu Sempat Antipati Dengan Dongeng

Assalamualaykum Ayah Bunda,



Dongeng, aku sempat antipati dengannya, sebab baca artikel tentang yes or no dongeng. Apalagi kisah si kancil yang dikenal sebagai hewan yang tidak jujur dan penipu, bukannya mengajarkan value positif malah negatif, sedangkan anak adalah makhluk yang pikirannya masih abstrak.

Ternyata dongeng gak seburuk itu, dan baru aku sadar bahwa keseharian kami saat membersamai anak, penuh dengan dongeng, Ayah Bundanya diminta untuk menebak apa sih yang dikatakan kuman-kuman digigi apabila dia sudah sikat gigi, atau apa yang dikatakan kucing, semut, dll haha

Prasangka tentang dongeng menjadi lebih baik lagi setelah mendapat materi Bunda Sayang level 10 tentang mendongeng, masyaAllah ^^

Setelah dimateri sebelumnya disuguhkan tentang imajinasi lalu masuk ke mendongeng, wah nyuambung banget kalau ini mah.

Belakangan penyampaian materi di perkuliahan Bunda Sayang berubah, tim fasil memberikan pertanyaan terlebih dahulu untuk melihat pengetahuan dasar para bunda nih tentang mendongeng.

Apalagi digali dengan pertanyaan adakah kisah atau dongeng apapun yang melekat sampai saat ini? Yang dulu pernah diceritakan kedua orangtua atau keluarga?

Ada kalilah, waktu kecil aku sering berinteraksi dengan mamak nya nenekku, jadi hari-hari tuanya banyak dihabiskan dengan salahsatunya ya cicitnya ini, aku. Ada banyak yang dikisahkannya, tentang dia waktu muda, trus tentang masa penjajahan, lalu dia suka berpantun, masyaAllah, duh andai unyangku hidup ketika aku sedikit besar lagi sehingga aku bisa merekam pantun dan ceritanya.

Kami bercerita sambil tidur-tiduran di kamarnya yang dipasang kelambu, aku berasa Syah Jehan yang sedang diceritain dongeng 1001 malam, wkwkw

Tanpa disadari, kita hidup dalam kisah-kisah loh.

Nah selalu aku perhatikan khususnya film luar negeri dan baru-baru ini nonton drama Korea, lebih sering mereka menyelesaikan masalah diawali dengan berkisah, dengan begitu banyak muncul filosofi filosifi keren, ckckc.

Well, langsung aja ya...Apa sih dongeng?

Kalau dicek di Wikipedia, dongeng adalah sastra lama yang bercerita tentang kejadian luarbiasa, penuh khayalan dan dianggap masyarakat merupakan sesuatu yang gak benar-benar terjadi

Beda dengan berkisah, kisah lebih banyak ke cerita masa lalu yang benar terjadi.

Terus Apa Saja Manfaat Mendongeng?

Banyak manfaaatnya, pastinya anak jadi lebih senang membaca, merangsang kekuatan berpikir anak, menciptakan bonding anak dengan orangtua atau membuat kenang-kenangan dengan anak, kemudian media efektif menanamkan nilai-nilai, menumbuhkan rasa empati, anak jadi cerdas, dan bahkan menumbuhkan rasa humor pada diri anak tapi rasa humor yang sehat yah. Suka kecewa dengan tren stand up comedy, wah itu kalau diganti dengan konten ala chicken soup, pasti lebih berfaedah daripada hahahihi gak jelas.

Seperti Apa Dongeng yang Baik?

Inti dari tulisan ini bagiku adalah bagian yang ini, menurut Kak Idzma seorang pakai storytelling,  

Dongeng yang baik adalah yang sesuai dengan value keluarga

Setuju banget, simpulannya kita yang memilihkan konten dongeng untuk anak, yang sesuai dengan kebutuhan dan perilaku apa yang mau diubah dari anak.

Sebenarnya untuk mulai mendongeng gak perlu ribet, anak juga gak akan nanya ala tim asesor haha, justru dia bahagia ketika bisa bercerita dengan Ayah Bunda meski yang diceritakan sederhana sekali huhu.

Semoga bermanfaat!


No comments:

Post a Comment

Tip Keren Agar Ibu Santai Bicara Menstruasi Pada Anak

Assalamualaykum Bunda,  Menstruasi pada anak perempuan adalah hal normal namun zaman saya dulu sungguh hal ini masih tabu, gak banyak orangt...