Saturday, October 6, 2018

Jangan Terlalu Sering Upload Foto Anak DiMedia Sosial

Assalamualaykum Ayah Bunda,



Sejak booming nya Facebook, seolah-olah kehidupan kita turut kita booming kan pula disana. Seolah penting banget orang di dunia maya tahu setiap inci hidup kita. Apa sih yang kita cari? Bahagia?

Ketika aku nonton film Searching, besutan sutradara Aneesh Chaganty yang diperankan Jhon Co cukup menampar kebiasaan orangtua masa kini yang rajin upload keseharian keluarganya dimedia sosial.

Berkisah tentang keluarga David yang harus hidup tegar bersama istri penderita kanker dan seorang anak perempuan mereka, Margot. Dalam mendampingi kesembuhan istrinya, David memanfaatkan media sosial untuk mengupload setiap progress usaha sembuh istrinya diselingi dengan mengabarkan juga kegiatan anaknya.

Hingga dua tahun kemudian ( aku lupa tahunnya haha soalnya udah sebulan aku nonton film terus gak rajin langsung nulis review, sekarang baru rajin) sang istri meninggal. Hari hari pun ia lalui bersama Margot.

Kebiasaan sang ayah mengupload masih dilakukan. Oh ya sepanjang film dominan kita dihadapkan dengan layar komputer, hemat setting yah sutradaranya hihi.

Beberapa tahun berlalu, Margot tumbuh jadi gadis SMU yang 'ceria' . Sampai suatu sore David chat dengan Margot yang mengabarkan akan pulang terlambat sebab ada tugas kelompok. Pada tengah malam, David sukses tertidur lelap sampai tak bisa menjawab telepon Margot yang sedang dalam bahaya.

Esoknya David mencari tahu keberadaan anaknya, setelah 24 jam ditunggu, Margot pun dinyatakan hilang. Pencarian dimulai.

Film ini drama misteri ala detektif gitu deh yang twist susah ditebak. David mendata teman sekelas Margot, menelepon guru piano nya, dan betapa terkejutnya David bahwa Margot sudah 6 bulan lebih bolos les piano tapi bapakeh gak tau, ckckc.

Sejak Ibu Margot meninggal, hubungan ayah dan anak menjadi sangat renggang, di sisi lain Margot teramat sedih dengan kepergian Mamanya sementara ayah meskipun sedih tapi sok tegar yang membuat David harus membuat memori indah istrinya itu, padahal Margot lebih suka mengenang ibunya. Duh ribet yah hubungan anak perempuan dan ayah ini wkwkw

Hampir sebagian besar David melakukan pencarian dimedia sosial, setelah diselidiki, pada akhirnya tak ada satu pun teman Margot yang menjadi teman di dunia nyata, semua topeng, bahkan beberapa temannya menjadikan Pencarian Margot sebagai konten untuk mengisi nilai engagement dimedia sosial mereka demi mendapatkan like, comment and subscribe, kejam ya huhu

Singkat cerita, diketahuilah oleh David bahwa anaknya selama ini nyaman dengan satu teman di dunia mayanya bernama fish apa gitu haha lupa. Oh iya aku lupa jelasin diawal pencarian David dibantu pengacara sukarelawan dari kepolisian bernama Detektif Rosemary Vick.

Twistnya apa?  spoiler detected, ternyata Detektif Rosemary Vick inilah yang menyebabkan hilangnya Margot.

Di malam Margot hilang, anak lelaki Vick mengikuti mobil Margot sejak dari pom bensin. Kondisi Margot saat itu setengah sadar, efek stres lalu singgah ke rumah pamannya yang punya 'cemilan' tanaman ganja.

Anak lelaki Vick ini suka dengan Margot dari media sosial tapi Margot gak tahu, akhirnya anak Vick menyamar jadi perempuan agar Margot nyaman ngobrol, sampai tibalah malam naas itu.

Margot dipepet mobilnya sama anak Vick pas di tepi jurang, karena Margot setengah sadar, berontak dong karena dipaksa sama anak Vick. Reflek anak Vick mendorong Margot ke tepi jurang. Anak Vick panik.

Berhubung emaknya detektif, hadirlah Rosemary Vick yang pasang badan untuk membela anaknya dengan mengarang cerita yang ending Margot mati.

Nah David gak terima, David merasa anaknya masih hidup. David melakukan pencarian sendiri. Sampai dapat kesimpulan pasti bahwa Vicklah yang bersalah karena mengarang cerita berbekal informasi digital yang ia peroleh dari hasil uploadan David selama ini dimedia sosial.

So, Ayah Bunda, masih mau upload foto dan kegiatan anak sesering mungkin dimedia sosial?

Sebaiknya dihindari, secukupnya saja, gunakan efek blur pada wajah anak atau pakai gaya yang anak gak mesti fokus pada kamera ala candid gitu deh.

Begitu kira-kira tips yang bisa aku berikan. Semoga kisah Searching bisa menyadarkan kita sebagai orang tua ya agar gak kayak si David inih.

Semoga bermanfaat!  


No comments:

Post a Comment

Tip Keren Agar Ibu Santai Bicara Menstruasi Pada Anak

Assalamualaykum Bunda,  Menstruasi pada anak perempuan adalah hal normal namun zaman saya dulu sungguh hal ini masih tabu, gak banyak orangt...