Saturday, October 6, 2018

Menikah Karena Sudah Waktunya atau Menikah Dini

Assalamualaykum Ayah Bunda,



Hampir seminggu di kelas Bunda Sayang Sumatera I Game Level 11 membahas tentang Fitrah Seksualitas Anak.

Nah pada tanggal 25 September 2018 giliran kelompok tiga untuk mempresentasikan tugasnya. Presentasi kelompok tiga kumplit euy, khususnya membahas tiap fase usia Fitrah Seksualitas yang normalnya dialami anak.

Entah kenapa malam itu diskusinya fokus pada membahas pemuda dan menikah dini. Topik menarik nih, pikirku.

Pas banget tadi nih di mobil hasil order taxi online aku mendengar ceramah Ustadz Adi Hidayat mengkaji do'a masuk kamar mandi dan do'a keluar kamar mandi. Ya Allah hanya pembahasan do'a aja merembetnya kemana-mana hihi, dobel-dobel atuhlah elmunya. Alhamdulillah.

Kata Ustadz, nikahkan anakmu dengan orang yang shalih/ah agar keberkahan senantiasa mengalir pada keluarga kalian.

Mendengar point itu, beberapa waktu setelah itu aku mengikuti workshop Program Sekolah Pengasuhan Anak.

Pada satu sesi Abah Ihsan cerita ada istri yang mengeluh tentang kondisi suaminya yang tidak berubah jadi lebih baik meskipun sudah bertahun-tahun menikah, sang suami masih istiqomah nge-game online di warnet dan selalu bergantung pada orangtua si lelaki meskipun telah menikah. 

Setelah ditelisik latarbelakang pernikahannya, yakni karena tidak enak menolak lamaran orangtua si lelaki dulu. Padahal sang orang tua tahu anak lelakinya tidak bisa berubah dan beranggapan jika menikah si anak akan berubah jadi lebih baik. Kenyataannya malah semakin menyulitkan hidup anak (perempuan) orang lain huhu.

Seketika aku teringat pada ceramah Ustadz Adi Hidayat saat di mobil, Ya Allah betapa besarnya pengaruh jika dua insan baik dipersatukan dalam pernikahan. Keberkahannya mengelilingi kehidupan sekitarnya, sebaliknya jika dua insan yang memiliki karakter jauh berbeda kemudian dipersatukan dalam pernikahan, maka pengaruh buruknya jadi besar juga belum lagi jika punya anak.

Semoga Allah kelak menjodohkan anak kita dengan sebaik-baik pasangan, Aamiin!

No comments:

Post a Comment

Tip Keren Agar Ibu Santai Bicara Menstruasi Pada Anak

Assalamualaykum Bunda,  Menstruasi pada anak perempuan adalah hal normal namun zaman saya dulu sungguh hal ini masih tabu, gak banyak orangt...