Saturday, October 6, 2018

Mumpung Anak Masih Bisa Dicium Sepuasnya


Berapa lama sih kita membersamai anak?

Yang jelas gak lama-lama, hanya 12 tahun saja jelas Abah Ihsan kepada peserta Program Sekolah Pengasuhan Anak.

Selebihnya, masyaAllah, jangan sampai kita menyesal ketika menyadari anak begitu cepat besar dan kita terlambat untuk total mengasuhnya, kalau ia tumbuh jadi pribadi baik, bagaimana kalau sebaliknya?

Naudzubillah  yah, semoga kita menghindari ‘membayar semuanya’ di belakang.

Nah kelompok 8 pada tanggal 24 September membahas Fitrah Seksualitas usia 0-7 tahun. Di kelompok ini kembali dibahas namun secara spesifik, bagaimana membangkitkan  fitrah seksualitas anak usia 0-7 tahun.

Pada catatan sebelumnya aku ada kasih pict tentang tahapan yang harus dan biasanya dilewati anak dalam menjalani fitrah seksualitasnya.

Seperti anak 0-2 tahun, anak melewati masa menyusui ekslusif. Pada kegiatan ini Bunda akan sering melakukan kontak mata dengan anak, membelai, menyentuh dan memeluknya penuh cinta.

Bermain dengan Ayah dan Bunda. Anak dipakaikan baju sesuai gender, anak dipanggil sesuai dengan jenis kelaminnya, ganteng atau cantik.

Kemudian di usia 0-7 tahun ada hadis yang menyarankan untuk memperbanyak mencium anak, mengusap dadanya sambil istighfar ketika anak sedang meluapkan amarahnya agar Allah kembali menenangkan hatinya.

Anggota Tubuh Anak yang Perlu Dicium Setiap Hari

MasyaAllah urusan mencium dan menyentuh anak juga ada dalam Islam, mengingat kegiatan ini sangat penting untuk perkembangan anak dan juga menumbuhkan ikatan yang kuat antara anak dan orangtua.

1.    Ubun-ubun

Cium ubun-ubun anak sambil didoakan agar menjadi anak sholeh/ah

2.    Dahi

Yang berarti orangtua ridho akan keberadaan anak

3.    Kedua pipi

Cium kedua pipi sambil mengucapkan MasyaAllah sebagai tanda perasaan sayang dan rindu orangtua pada anak

4.    Di tangan

Cium tangan anak sambil ucapkan Barokallah sebagai tanda kasih sayang orangtua pada anak
Selama ini mah cium ya cium gitu aja ternyata ada bacaan zikirnya. InsyaAllah dipraktekin. Menambah informasi baru ini, trims kelompok 8.

Beberapa kegiatan di atas mungkin gak bisa kita lakukan sepuasnya jika anak sudah mulai beranjak dewasa. Mumpung masih bisa, lakukan seseringnya ya Ayah Bunda.

Nah, jika anak sudah baligh, lain lagi cara orangtua mengungkapkan rasa sayang. Memeluk anak lelaki, khususnya ibu gak bisa lagi dari arah depan, tapi memeluk tangannya. Begitu juga Ayah yang memeluk anak perempuannya.

Lalu apalagi ya, oh ya, aku dan suami sangat menghindari mencium anak dibagian bibir anak sebab itu perilaku yang menurut kami tidak pas dilakukan pada anak, namun sayangnya banyak selebriti melakukan itu di depan publik yang akhirnya dilihat masyarakat. Hiks...

Kalau menurut Ayah Bunda bagaimana?

Sudahkan memeluk dan mencium ananda hari ini?

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Tip Keren Agar Ibu Santai Bicara Menstruasi Pada Anak

Assalamualaykum Bunda,  Menstruasi pada anak perempuan adalah hal normal namun zaman saya dulu sungguh hal ini masih tabu, gak banyak orangt...