Saturday, October 6, 2018

Tarbiyah Jinsiyah, Apa Itu?

Assalamualaykum Ayah Bunda,



Sampailah kita pada pembahasan kelompok terakhir yakni kelompok 10, pada 29 September 2018, masih tentang Fitrah Seksualitas tapi kali ini membahas makna Fitrah.

Iya sih terlewatkan, seharusnya perkata ya dimaknai, Fitrah itu apa? Seksualitas itu Apa? MasyaAllah, kelompok 10 menjadi kelompok penutup yang menjadikan diskusi selama ini paripurna.

Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah (Islam), maka kedua orangtuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, atau Majusi (HR. Bukhari Muslim )

Sering banget ya kita dengar hadis ini, namun sering juga gak paham dengan maknanya, huhu.

Fitrah adalah



Allah menciptakan makhluk sedemikian sempurna, bahkan anak yang diamanahkan pada kita sudah Allah instal software bernama Fitrah. Jika kita tidak berilmu dalam mengaktifkan dan membangkitkan software ini maka kelak kita termasuk orangtua yang CELAKA!

Selain itu Allah punya cetak biru manusia yang jauh berbeda dengan malaikat dan syetan. Manusia diciptakan nafsu. Salahsatu nafsu yang harus dididik adalah nafsu syahwat anak. Maka muncullah istilah Tarbiyah Jinsiyyah.



Nafsu ini adanya sekitar usia 8 tahun ke atas, itulah mengapa anak mulai menyukai lawan jenis dan lain sebagainya.

Kalau kita tidak punya ilmu dalam mengasuh anak soal pendidikan seks ini secara bertahap sejak anak balita , maka kita akan kelabakan, eh tau tau anak udah pandai cinta-cintaan, tidak tahu mandi wajib, dll

Bahkan tau tau sudah mau menikah saja, meskipun menikah jadi jalan halal menyalurkan nafsu syahwat, apakah kita yakin anak punya ilmunya bagaimana melakukannya sesuai syariat islam, sementara kita gak pernah mengajarkannya sekalipun?

Subhanallah!

Sebenarnya ini hasil digetok oleh Abah Ihsan di hari pertama pelatihan huhu, akhirnya jadi bahan menyelesaikan game Bunda Sayang level 11.

Semoga bermanfaat!

Semoga kita gak termasuk orangtua yang taunya hanya nanam saham tapi mengharap hasil panen banyak. Sungguh terlaluh! 

No comments:

Post a Comment

Tip Keren Agar Ibu Santai Bicara Menstruasi Pada Anak

Assalamualaykum Bunda,  Menstruasi pada anak perempuan adalah hal normal namun zaman saya dulu sungguh hal ini masih tabu, gak banyak orangt...