Sunday, September 9, 2018

Resume dari Workshop Story Telling 'Read Aloud' Bersama Kak Awam dan Kak Aniza

Assalamualaykum Ayah Bunda,


Seharusnya resume ini aku tulis 5 bulan lalu haha, ya Allah, Alhamdulillah daripada gak ditulis sama sekali, Bismillah sekarang saatnya.

Pada Jum'at, 13 April 2018 pagi bertempat di Aula DPA ( Dinas Perpustakaan dan Arsip ) Provinsi Sumatera Utara, aku berkesempatan mengikuti Workshop Story Telling 'Read Aloud' Bersama Kak Awam dan Kak Aniza.

Aku hadir jam 8 tepat, namun tampak panitia masih baru bersiap-siap. Setelah menunggu beberapa menit, akhirnya aku  langsung saja masuk ke aula. Wah kapan ya terakhir kali masuk ke aula Pusda ini. Semasa kuliah aku sering masuk kesini, sebab dapat undangan dari komunitas eLBeTe semacam Lembaga Baca Tulis gitu yang didirikan Bang Ali Murthado dkk. 

Workshop ini terbatas sekali, beruntungnya aku mendapatkan informasi ini, apalagi pembicaranya Kak Awam, pendongeng terkenal se Indonesia Raya, foundernya Kampung Dongeng juga. Agustus lalu pengen ikut pelatihannya gak jadi, semoga ada kesempatan tahun depan. *kok jadi curhat, haha

Namun, yang awalnya aku kira workshop ternyata seminar yang hanya berlangsung 3 jam huhu, ada miskom dengan panitianya, padahal kalau ini workshop beneran, wuidih, mantab ilmunya.

Oke langsung aja aku ceritain jalannya workshop eh seminarnya. Tampil sebagai pembicara pertama adalah Kak Aniza.

Kak Aniza adalah storyteller asli Medan dan juga kepala sekolah MMS ( Medan Montessori School ), wah pasti senang banget punya kepsek jago cerita yah hehe.

Sebelum masuk materi, peserta diajak main games namanya Alphabetic Line. Bahaha pada sibuk ngatur namanya berdasarkan abjad.

Setelah menjalankan kehebohan kecil itu barulah Kak Aniza masuk ke materi.

Apakah Read Aloud Itu?

Read Aloud itu adalah bahasa inggris *yaiyalah masak bahasa sunda hihi, yang artinya membaca nyaring.

Maksud dari Membaca Nyaring itu merupakan strategi guru yang mengkhususkan waktu untuk membacakan buku kepada murid di atas level kemampuan membaca mereka tapi pada level kemampuan mendengar mereka.

Sejarah Membaca Nyaring

Ternyata membaca nyaring ada sejarahnya loh, kalau dipikir-pikir iya juga sih, khutbah Jum'at adalah bagian dari membaca nyaring.

Menurut Kak Aniza, lebih dari 2000 tahun lalu para ayah bangsa Yahudi dianjurkan untuk memangku anak mereka dan membacakan Talmud.

Di Agama Islam sendiri, perintah yang pertama kali turun kepada Rasullullah SAW adalah perintah membaca, iqra' (bacalah). Luarbiasa efek kegiatan membaca ini ya.

Bahkan membaca gak identik dengan buku, membaca alam juga bagian dari membaca. Membaca tanda-tanda, perhatian pada sekitar.

Kapan Saat yang Tepat untuk Read Aloud?

Menurut aku anytime sih, dan paling efektif bahkan kalau bisa jadi rutinitas yakni sebelum tidur, karena itu adalah waktu yang paling pas dan gak ada distraksi apapun, beda kalau siang hari yang disela masak air lah, kurir teriak teriak 'pakeeet', wkwkw

Sebaiknya Read Aloud dilakukan sejak dini bahkan sejak bayi.

Negara Mana yang Punya Pembaca Terbaik?

Indonesia? Aamiin semoga menyusul segera yah.

Berdasarkan kategori usia 9 tahun, ini dia negara yang memiliki pembaca terbaik di usia muda :
1. Finlandia
2. Amerika Serikat
3. Swedia
4. Perancis

Ah Finlandia, kamu kok keren banget sih, oke usai dari melakukan perjalanan haji sekeluarga, kami bakal menjejakkan kaki ke negara Finlandia, Turki dan Jepang, yes bismillah.

Yang jelas di Finlandia, siswa gak akan sekolah sampai usia 7 tahun, kalau disini kita berlomba-lomba menyekolahkan anak di sekolah formal sedini mungkin.

Hampir 60% pendudukya tamatan universitas. Ya Allah di Indonesia, satu anaknya sarjana aja senangnya sampai ke ubun-ubun huhu. Semangat semangat untuk kualitas pendidikan yang lebih baik.

Apa Rahasianya Ya Finlandia?

Rahasianya adalah penduduk Finlandia memiliki kebiasaan membaca dan menggunakan perpustakaan.

Dan para pendeta disana akan menguji kemampuan membaca bible para pasangan yang akan menikah, *nah loh, kalau gak tamat baca bible, batal nikah haha

Bagaimana Tahapan Perkembangan Literasi Usia Dini  ?

Ayah Bunda adapun tahapan perkembangan literasi usia dini,


pict

Tahapan Membaca Nyaring
  • Membaca nyaring untuk anak usia dini
  • Kata Jim Trelease, anak yang mendengarkan bahasa, biasanya akan punya kecakapan bahasa yang tinggi pula
  • Anak Usia Dini penting banget dibacakan sajak dan kata berima
  • Membangun rentang perhatian anak 
  • Bacakan buku seusia anak 
  • Mengulang baca buku yang sama lagi dan lagi ( kenapa? Kata Kak Aniza, bisa jadi ada yang belum selesai dengan buku yang ia baca, makanya minta dibacakan lagi dan lagi ) ooo pantes Khalil gitu juga, sempat bosan Bundanya baca haha, tapi disabar sabarkan, ternyata ini alasannya.
  • Membangun kosa kata saat membaca
  • Diskusi buku, lakukan diskusi buku meski sebentar
Bersambung









No comments:

Post a Comment

Tip Keren Agar Ibu Santai Bicara Menstruasi Pada Anak

Assalamualaykum Bunda,  Menstruasi pada anak perempuan adalah hal normal namun zaman saya dulu sungguh hal ini masih tabu, gak banyak orangt...