Friday, October 5, 2018

Bagaimana Menyembuhkan Fitrah Seksualitas Anak yang Terlanjur Tercederai?


Pada hari kedua, 21 September 2018 tiba saatnya kelompok 4 dari kelas Bunda Sayang di game level 11 tentang Fitrah Seksualitas Anak tampil.

Kali ini materi yang disajikan ala video gitu, ciamik dan kreatif hehe. Nah poin mendasar dari materi tetap peran mendasar Fitrah Seksualitas Anak terbangun adalah dari kedua orangtua, namun kadang hidup sering tidak berjalan seideal yang kita pikirkan atau jalani. Sehingga terkadang dominasi salahsatu orangtua membuat anak bingung akan identitasnya.

Seperti anak lelaki yang ketika kecil dominasi teman main perempuan begitu sebaliknya dan akhirnya membuat fitrah seksualitas anak terlanjut tercederai.

Untuk itu pada pembahasan dicatatanku ini aku ambil fokus bagaimana menyembuhkan fitrah seksualitas anak yang terlanjur tercederai.

Dan lalu dijawab oleh Bunda Yani yang memang bagian dari kelompok 4, jawabannya aku bintangin huhu.

Yang harus dilakukan orangtua bila fitrah seksualitas anak terlanjut tercederai adalah,

1.    Tazkiyatun Nafs, orangtua menyadari kesalahannya, bertaubat, mohon ampun pada Allah dan lalu bersungguh-sungguh memperbaiki kesalahan.
2.    Meminta maaf kepada anak karena kesalahan pola asuh selama ini. Dan sering-seringlah minta maaf kepada anak
3.    Kemudian bersama mencari solusi terbaik untuk mendampingi anak agar kembali pada fitrahnya, apakah ke psikolog atau ustadz yang berkompeten dan dipercayai
4.    Banyak berdoa, salahsatu doa yang makbul adalah doa orangtua.
5.    Libatkan anak pada banyak kegiatan yang sesuai fitrah seksualitasnya

MasyaAllah sedih sebenarnya yah, seakan kalau kenyataan pahit itu sudah terjadi, ingin orangtua berandai untuk kembali ke masa dimana anak masih bisa diarahkan huhu.

Kemudian pertanyaan lain yang menarik lagi dan membuat berpikir adalah, Bagaimana menjelaskan kepada anak tentang fakta bahwa ada orang yang berpenampilan seperti perempuan padahal lelaki, begitu sebaliknya?

Aku pernah mendapatkan pertanyaan seperti ini dan bukan fakta terkait fitrah seksualitas saja tapi juga, ketidaksamaan apa yang ia dapati dan pelajari di rumah kadang berbeda ketika anak melihat ke sekitarnya.

Jika sudah seperti itu, aku gak mau mengarang cerita, aku akan menjelaskan sesuai kenyataan namun pesannya masih bisa dipahami anak.

Aku akan jelaskan bahwa tidak ada yang ideal di muka bumi ini Nak. Lalu jelaskan juga bahwa perilaku om/tante itu salah dan ia sedang belajar berubah ke arah yang lebih baik, serta yang paling penting adalah tetap perlakukan dia seperti gender yang seharusnya.

Sedihnya, terkadang orang yang tidak mau diperlakukan sesuai gender ini malah marah bila dipanggil atau disapa dengan gender seharusnya. Kalau begitu senyumin aja dan tetap berbuat baik.

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Tip Keren Agar Ibu Santai Bicara Menstruasi Pada Anak

Assalamualaykum Bunda,  Menstruasi pada anak perempuan adalah hal normal namun zaman saya dulu sungguh hal ini masih tabu, gak banyak orangt...