Friday, October 5, 2018

Hidupkan Fitrah Seksualitas Pada Anak Sejak Dini


Ketika kita kecil, pendidikan seks tampak tabu sekali sehingga kalaupun diajarkan hanya sekilas saja yang penting anak tahu bahwa ia lelaki atau perempuan, bahkan penyebutan untuk alat kelamin dan organ vital saja sering di’aneh-aneh’kan, betul apa betul?

Beruntung kelompok 2 mengangkat tema ini jadi fokus presentasi mereka di Bunda Sayang Game Level 11 ini pada 22 September 2018 lalu. Terkadang hal sederhana ini yakni membangkitkan fitrah seksualitas pada anak sejak dini sering terlewatkan oleh banyak orangtua.

Padahal ada banyak tantangan yang orangtua dan anak hadapi jika pemahaman tentang fitrah seksualitas sendiri gak selesai atau setengah-setengah:


Lalu bagaimana cara membangkitkan fitrah seksualitas pada anak?


Setuju banget dengan pict tersebut, gak ada yang instan untuk mengajarkan seks pada anak, even mi instan aja harus diseduh dulu dengan air panas huhu.

Dan aku baru tahu ada fase seksualitas pada anak, terutama anak lelaki. Khalil sampai 3 tahun ini kadang masih suka ingin pegang PD Bunda -_-“ sesekali diingatkan bahwa ini aurat Bunda, tidak boleh disentuh.
 
Dan sekarang yang memusingkan adalah Khalil masuk fase phallic, suka pegang penisnya. Dan aku harus tegas, pict ini membantu sekali menjelaskan agar Khalil tidak sentuh kemaluannya.



Setelah presentasi kelompok 2 usai, muncul pertanyaan tentang penyebutan alat kelamin yang selalu di’aneh-anehkan’ penyebutannya.

Pernah dengar pemaparan Bunda Elly Risman,  untuk alat kelamin, sebut dengan sebutan sebenarnya, dan jika merujuk pada Al Qur’an, disana Allah menyebutkan alat kelamin dengan ‘kemaluan laki-laki / kemaluan perempuan’ .

Sehingga itu yang aku terapkan pada Khalil, jadi sejak dini sudah dikenalkan dengan penyebutan benar tentang alat kelamin. Tidak ada lagi penyebutan ‘burung, titit’ , biasanya kalau Khalil mendengar penyebutan yang beda dia pasti bertanya, haha, dan lalu yang ditanya bingung jawabnya. Ya kali burung ada dikemaluan.

Pe er besar membangkitkan fitrah seksualitas pada Khalil ada menstimulus untuk tidur sendiri, sambil mengupayakan untuk membuatnya kamar sendiri hihi.

Lalu pe er yang lagi dikerjakan dan sedang berlangsung adalah membiasakan Khalil untuk menutup aurat sehabis mandi dan ketika akan berpakaian agar tidak berlarian kesana kemari. Jika terjadi tragedi lari-lari, aku langsung tangkap anaknya, dan meletakkan dengan lembut ke kamar dan kunci hihi. Lakukan dialog penuh cinta sampai dia mau pakai baju. Pintu terbuka jika dia pakai baju.

Berikut ada beberapa kegiatan yang bisa diterapkan di rumah dalam membangkitkan fitrah seksualitas pada anak usia dini :




Ditambah sekarang ada banyak lagu yang membantu kampanye agar anak mulai sejak dini kenal dan menjaga anggota tubuh yang gak boleh disentuh dan dilihat. Videonya ada banyak di youtube.



Inilah ikhtiar kita dalam membekali anak-anak kita ya Ayah Bunda, semoga Allah selalu menjaga hati dan pikiran anak-anak kita, Aamiin!
Semoga Bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Tip Keren Agar Ibu Santai Bicara Menstruasi Pada Anak

Assalamualaykum Bunda,  Menstruasi pada anak perempuan adalah hal normal namun zaman saya dulu sungguh hal ini masih tabu, gak banyak orangt...